Thursday, January 9, 2020

Takut Beton Rapuh? Ikuti 3 Tips Atasi Kelemahan Beton Ini!

Banyak yang bilang beton adalah material yang kuat dan kokoh digunakan sebagai struktur bangunan. Itu adalah salah satu kelebihan yang dimanfaatkan beton dalam sebuah gedung. Hal ini tidak salah, namun ada pula beberapa kelemahan beton yang harus diperhatikan. Apalagi jika Anda ingin menggunakannya sebagai struktur bangunan bertingkat. 
Beton yang sudah kering biasanya bersifat menyerap air, sehingga membuatnya mudah terkorosi karena menyerap air. Selain itu juga beton memiliki kekurangan mudah retak karena perubahan bentuknya akibat pengaruh cuaca. Nah dengan mengetahui kelemahan beton sejak awal, Anda bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya.
Sebelum pembuatan beton dimulai, biasanya tanah harus dipadatkan menggunakan vibrator roller, Fungsinya adalah memudahkan benton untuk dicetak sesuai dengan ukuran bangunan. Otomatis jika tanah padat, beton yang dibuat di atasnya juga akan semakin kuat.
Dilihat dari hal ini, artinya cara mengatasi kelemahan yang dimiliki beton berawal dari pemasangannya. Baik itu mulai dari penggalian, pemadatan tanah hingga pembuatan struktur tulangan. Semua kontraktor dan pegawai bangunan wajib mengetahui hal ini agar bisa melakukan pembangunan yang kuat dan kokoh.
menuang cor beton

Trik Mengatasi Kelemahan Beton dengan Mudah

Membuat beton menjadi kuat kuncinya tidak hanya menggunakan vibrator roller dalam memadatkan tanah saja. Setelah itu ada beberapa langkah lainnya agar beton yang dicetak nantinya tetap kuat.
Berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menciptakan beton lebih kuat.
  • Memberikan tulangan.
Ada dua jenis tulangan yang bisa dibuat, yaitu baja dan juga kasa yang digabungkan dengan bondek. Keduanya adalah cara untuk mengatasi beton retak di kemudian hari setelah masa pengeringan selesai. 
  • Menciptakan expansion joint.
Fungsi dari expansion joint adalah sebagai jarak agar beton dapat mengembang dan menyusut sehingga tidak merusak struktur. Hasilnya perubahan bentuk beton akibat cuaca bisa diatur karena adanya ruang. 
  • Memanfaatkan vibrator.
Penting sekali menggunakan vibrator exen untuk menghilangkan gelembung udara di dalam beton yang baru saja dituang ke atas struktur. Gelembung yang masih ada di dalam nantinya berakibat fatal mengganggu kekuatan dari beton. Pastikan juga mesin vibrator berjalan baik ketika digunakan khususnya mengecek bagian selang. 
Vibrator untuk beton akan dimasukan ke dalam campuran beton yang masih basah. Disinilah biasanya sering terjadi penyumbatan. Setelah beberapa kali digunakan sebaiknya service vibrator di tempat service yang bagus, agar alat bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

No comments:

Post a Comment